Pelatihan pengembangan Website Sekolah Muhammadiyah menggunakan Content Management System Wordpress .

Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan menyelenggarakan pelatihan pengembangan dan pengelolaan website sekolah Muhammadiyah  Sepembinaan Majelis Dikdasmen PDM Kota Medan.

Pelatihan yang dilaksanakan pada Minggu 12 Maret 2017 bertujuan untuk memberikan pengetahuan teknis tentang pengembangan dan pengelolaan website sekolah-sekolah Muhammadiyah di lingkungan PDM Kota Medan. Sasarannya adalah agar sekolah Muhammadiyah mampu menjadikan website sebagai media pembelajaran untuk siswa dan guru; media publikasi dan penyebaran informasi pendidikan kepada masyarakat luas; termasuk pula mengembangkan networking dan information sharing antara sekolah Muhammadiyah dengan Majelis Dikdasmen PDM Kota Medan.

Pelatihan dibuka oleh Koordinator Bidang Pendidikan PDM Kota Medan Drs. Tagor Muda Lubis, MA dan Ketua Majelis Dikdasmen Kota Medan, Dr. Muhyarsyah, M.Si. Narasumber pelatihan adalah Dr. Azuar Juliandi Dosen dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Pelatihan pengembangan dan pengelolaan website diikuti oleh 20 orang peserta yakni para kepala sekolah dan operator IT sekolah. Kedua puluh peserta tersebut berasal dari 10 sekolah Muhammadiyah di Kota Medan, mulai tingkat SD sampai dengan SLTA, antara lain:

  1. SD Muhammadiyah 01
  2. SD Muhammadiyah 02
  3. SD Muhammadiyah 10
  4. SD Muhammadiyah 20
  5. SD Muhammadiyah 21
  6. SD Muhammadiyah 31
  7. SMP Muhammadiyah 01
  8. SMP Muhammadiyah 08
  9. Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01
  10. SMK Muhammadiyah 09

Dalam pelatihan tersebut, para peserta cukup antusias mempelajari teknik mendesain website dari dasar hingga mampu mem-publish website untuk bisa diakses oleh siapa saja baik di lingkungan sekolah maupun dari luar sekolah.

Secara khusus, materi pelatihan adalah mengelola berbagai hal berikut ini:

  • Posting: membuat artikel baru, dan mengedit artikel
  • Media: mengelola gambar, video dan media lainnya
  • Page: mengelola berbagai halaman web
  • Theme: mengelola tema website
  • Widget: mengelola berbagai aplikasi pelengkap atau tambahan
  • Menu: mengelola menu-menu web
  • Setting: pengaturan berbagai hal umum dan spesifik web
  • Data Form: mendesain formulir untuk keperluan pengumpulan data sekolah
  • Online Quiz: mendesain kuis online untuk siswa

Setelah pelatihan, para operator sekolah akan menyempurnakan website yang telah dirancang tersebut,  serta akan mengupdate  berbagai artikel, data dan informasi lainnya terkait aktivitas masing-masing sekolah.

Video Youtube:

Video 1

Video 2

Foto-Foto:

Sumber: http://dikdasmenmedan.org/blog/2017/03/12/pelatihan-pengelolaan-website-sekolah-muhammadiyah/

Share