Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) telah melaksanakan Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Unggulan selama dua hari, tanggal 27-28 September 2013. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Rektor UMSU Dr. Agussani, MAP. Rektor sangat mendukung kegiatan penelitian di UMSU dan mengharapkan dosen-dosen UMSU mampu memenangkan lebih banyak lagi hibah-hibah penelitian dari Ditlitabmas-Dikti. Kegiatan pembukaan pelatihan dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Dr. Muhyarsyah, M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi, Dekan Fakultas Pertanian, Wakil Dekan Fakultas Kedokteran.

Kegiatan dihadiri oleh 48 orang dosen-dosen dari seluruh fakultas di UMSU serta 20 orang dosen-dosen dari perguruan tinggi lain seperti Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Sekolah Tinggi Teknik Harapan, STMIK Gunadharma, Universitas Medan Area, Universitas HKBP Nomensen, Universitas Al-Azhar, Universitas Muslim Nusantara, Universitas Pembangunan Panca Budi, Universitas Prima dan Universitas Sari Mutiara.

Narasumber berasal dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Bapak Drs. Yudi Agustono, M.Si. yang menyampaikan materi mengenai Kebijakan Program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 

Tim pakar berasal dari Institut Teknologi Bandung Prof. Dr. Sri Nanan B. Widiyanto dan Dr. Ir. Armina Fariani, MSc dari Universitas Sriwijaya. Materi yang disampaikan adalah mengenai Mekanisme Penelitian Desentralisasi dan Kompetitif Nasional, Desentralisasi Penelitian di Perguruan Tinggi, Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi dan Kompetitif Nasional, Membuat Usul Penelitian Kompetitif, Teknik Penulisan Proposal Penelitian, Sistem Penjaminan Mutu Dan Rencana Induk Penelitian (RIP) Perguruan Tinggi.

Kegiatan hari kedua pelatihan adalah Sharing Pengalaman tentang Penelitian-Penelitian yang menjadi Program Dikti dipandu oleh Ketua P3M-UMSU Azuar Juliandi, SE, S.Sos., M.Si. Setiap pertanyaan dalam sesi sharing tersebut dijawab dengan lugas oleh Dr. Ir. Armina Fariani, MSc.

Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan oleh Panitia yang berasal dari P3M-UMSU. Mereka bekerja semaksimal mungkin tanpa mengenal lelah selama kurang lebih sepekan sebelum kegiatan dilaksanakan. Tim P3M yang begitu enerjik tersebut adalah para dosen berusia muda seperti Uun Ahmad Saehu, S.Pd., M.Pd.; Irvan, S.Pd., M.Si.; Fachrizal, Zulkarnain, ST, Ph.D.; Drs. Tasrief Syam, M.Si.; dr. Humaira Medina Liza Lbs,M.Ked(PA), SpPA; T. Riza Zarzani, SH., M.H., serta para panitia lain seperti  Ririn, Musdalivah, Anis, Leli dan sejumlah anggota panitia lainnya. 

Share