Tools ini berguna untuk perbaikan otomatis kesalahan dalam penulisan skripsi, tesis dan disertasi berbahasa Indonesia.

Deskripsi

Kita selalu menghadapi kendala dalam menulis ilmiah, salah satunya adalah kesalahan ejaan (spelling) bahasa Indonesia. Kesalahan tersebut bisa saja berbentuk kesalahan penulisan huruf dalam sebuah kata, atau menulis kata-kata yang ada dalam kosa kata bahasa Indonesia. Jika hal ini terjadi, tentu akan mengurangi kualitas tulisan ilmiah baik jurnal, skripsi, tesis atau disertasi.

Jika tidak benar-benar diperhatikan dengan teliti, naskah karya ilmiah yang kita tulis seolah-olah tanpa kesalahan. Namun jika kita mengaktifkan spelling yang disediakan oleh Microsoft Word, maka akan banyak muncul kata-kata yang bergaris bawah berwarna merah. Garis berwarna merah tersebut menunjukkan bahwa sesuatu kata yang diketik adalah salah atau bukan kosa kata Bahasa Indonesia.

Jika pilihan spelling dalam bahasa Indonesia tidak diaktifkan, maka spelling yang digunakan secara default di Microsoft Word adalah bahasa Inggris (English-United States). Tentu saja hampir seluruh kata Bahasa Indonesia yang kita ketik akan bergaris bawah berwarna merah karena Word menganggap ada penulisan ejaan atau kata yang salah.

Namun seringkali terjadi, entah karena ketidaktahuan atau kesalahan kita dalam mengaktifkan spelling Bahasa Indonesia, atau memang spelling untuk Bahasa Indonesia belum ter-install , Microsoft Word seolah-olah tidak mampu untuk mengoreksi kata-kata Bahasa Indonesia yang salah. 

Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah seperti dijelaskan dalam tutorial berikut ini. Langkah-langkahnya adalah:

Share