Penulisan Otomatis Kutipan dan Daftar Pustaka di Microsoft Word untuk penulisan skripsi, tesis dan disertasi.

Deskripsi

Permasalahan yang sering terjadi di dalam penulisan ilmiah adalah si penulis lalai mencantumkan sumber referensi di daftar pustaka, padahal sebelumnya penulis telah ada melakukan pengutipan di isi tulisan. Jika ini terjadi maka dapat mengurangi kualitas sebuah tulisan ilmiah. Terlebih lagi, pihak pembaca akan kesulitan untuk merujuk kebenaran segala sesuatu yang telah dikutip oleh penulis.

Masalah tersebut dapat diatasi dengan fasilitas yang tersedia di Microsoft Word secara otomatis. Ketika penulis melakukan pengutipan sebuah referensi, ia dapat langsung menyematkan sumber referensi pada kutipan tersebut dan kemudian secara otomatis segala catatan sumber referensi tersebut akan terkumpul di daftar pustaka (bibliografi) serta dapat di-update oleh si penulis apabila sebuah tulisan selesai dikerjakan.

Dalam tulisan ini dijelaskan bagaimana cara untuk melakukan sitasi dan penulisan daftar pustaka secara otomatis menurut gaya American Psychological Association (APA). Diharapkan dengan tulisan ini dapat membantu para mahasiswa dan dosen dalam menulis ilmiah.

 

 

Share