Ada kalanya kita membutuhkan tindakan untuk merubah suatu gambar ke word. Misalkan seseorang ingin merujuk suatu referensi tulisan dari sebuah sumber di internet, namun tulisan tersebut tidak bisa di-copy karena sumber aslinya berbentuk gambar, atau mungkin sebuah file PDF yang dikunci (locked) oleh penulisnya. Untuk menulis kembali tulisan tersebut tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. 

Cara yang paling praktis adalah merubah file gambar ke file pdf.

1. Buka sumber tulisan yang dihendak dikonversi ke word, baik tulisan yang langsung berasal dari internet atau sebuah file pdf. Print screen tulisan dengan cara menekan tombol print screen di keyboard (PrtScSysRq), biasanya tombol tersebut berada pada bagian kanan keyboard komputer. Print screen berfungsi untuk menangkap (capture) segala sesuatu yang berada di halaman layar komputer. Ini persis seperti tindakan meng-copy.

2. Buka program MS-Paint di komputer. Program Paint adalah program untuk merekayasa atau mengedit gambar. Paste-kan di Paint tersebut apa yang telah di-capture dengan print screen tadi. Atur hanya bagian tulisan yang hendak dikonversi. Simpan file gambar dalam ekstensi file JPG. 

Buka alamat converter online, misalnya http://www.onlineocr.net. Unggah file JPG yang telah disimpan. Pilih bahasa yang dikehendaki (tergantung bahasa tulisan yang di-capture), pilih hasil konversi apakah hendak di Word (docx), Excel (xlsx) atau Teks (txt), isikan kode yang terdapat di sebelah kolom yang bertuliskan Enter Captcha Code. Lalu klik Convert.

Hasil konversi akan ditampilkan pada bagian bawah halaman. Pengguna dapat meng-copy hasil konversi tersebut untuk di-paste-kan ke word atau hendak diterjemahkan ke Google Translate

Share