Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) telah berlangganan jurnal elektronik (e-journal) yang merupakan koleksi dokumen elektronik yang aslinya diterbitkan di jurnal, majalah dan surat kabar. E-Journal ini mencakup berbagai proprietary database full-text dan database populer dari penyedia informasi, Dokumen dalam bentuk koleksi digital teks penuh (full-text) dapat dicari berdasar subyek minat di antara ribuan koleksi dan penerbit yang berbeda.

Ketersediaan dari E-Journal ini dapat dimanfaatkan oleh Dosen Perguruan Tinggi sebagai sistem referensi online yang up-to-date sehingga peningkatan kualitas Tridarma khususnya bidang penelitian dapat lebih ditingkatkan. Akses E-Journal terbuka bagi semua Dosen Perguruan Tinggi yang ber-NIDN. Permintaan akses oleh Dosen dapat dilakukan secara mandiri dengan meminta secara online hak akses username dan password.

Langkah-langkah mengakses jurnal  adalah dengan mengunjungi halaman web http://simlitabmas.dikti.go.id/ejournal/Default.aspx 

  • Pilih nama perguruan tinggi tempat bertugas
  • Ketikkan NIDN yang dimiliki dosen dan klik cek. Jika benar, nama dan dan program studi dosen akan tertera di bawah NIDN
  • Ketikkan alamat email dosen (pastikan alamat email dengan benar) dan klik cek. Selanjutnya akan tertera "User dan password sudah terkirim melalui surel yg dimaksud"
  • Buka email, maka akan ada 3 username dan password, yakni untuk PROQUEST, EBSCO HOST dan CENGAGE LEARNING

Berikut ini alamat web untuk ketiga link tersebut:

DOWNLOAD PANDUAN

Sumber: http://www.dikti.go.id/?p=11320&lang=id, 30-08-2013 (adapted)

Share