Penelitian adalah bahagian penting dalam kehidupan manusia. Manusia sejak awal kehidupannya telah melakukan penelitian dan penelitian terus dilakukan manusia hingga masa kini. Secara umum penelitian berarti kegiatan mencari jawaban  atas fenomena di dalam kehidupan ini. Jawaban yang ditemukan adalah berupa kebenaran-kebenaran. Kebenaran yang dijadikan sarana untuk memecahkan masalah kehidupan.

Penelitian dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah research. istilah ini mengandung dua kata re (berulang) dan search (mencari). Mencari berulang-ulang, artinya mencari atau menemukan sesuatu jawaban atas sebuah permasalahan yang dilakukan dengan cara yang berulang-ulang. Mengapa dilakukan berulang-ulang? Sebuah penemuan atau sebuah jawaban yang diperoleh dari penelitian mungkin saja belum sempurna, belum sepenuhnya benar. Maka proses pencarian perlu dilakukan kembali agar semakin lama kebenaran akan diperoleh, tidak lagi meragukan manusia dan menimbulkan kepuasan di dalam benak manusia itu.

  • Penelitian yang dimaksud di dalam bahasan ini adalah penelitian ilmiah. Penelitian dikatakan ilmiah jika mengandung ciri-ciri logis, sistematis, kritis, objektif. 
  • Logis berarti pencarian atau penemuan terhadap sesuatu adalah hal-hal yang masuk akal, bisa diterima oleh pemikiran manusia;
  • Sistematis mengandung makna bahwa proses penelitian dilakukan dengan tahapan atau proses standar tertentu yang disepakati oleh banyak orang;
  • Berpikir kritis bermakna bahwa dalam menemukan atau mencari sesuatu, peneliti tidak begitu saja mudah percaya terhadap sesuatu informasi yang diterimanya sebelum ada fakta-fakta yang mendukung informasi tersebut;
  • Objektif menunjukkan bahwa dalam penelitian harus memandang sesuatu dengan apa adanya, tidak berdasarkan subjektifitas peneliti.

Mengapa orang melakukan penelitian? Umumnya penelitian dilakukan karena adanya masalah (problem).  

Masalah adalah:

  • Sesuatu yang secara fakta adalah benar-benar salah atau menyimpang dari harapan, atau sesuatu yang negatif;
  • Sesuatu yang belum ada jawabannya;
  • Sesuatu yang meragukan.

Tentunya tidak semua masalah seperti di atas perlu untuk diteliti. Biasanya masalah yang perlu diteliti adalah masalah yang memberikan kemanfaatan besar bagi manusia, entah itu kemanfaatan pengetahuan maupun kemanfaatan praktis.

Tulisan ini diizinkan untuk di-download, dikutip atau digunakan untuk keperluan ilmiah jika Anda telah mengisi form komentar di bawah ini.

Share